Muda yang Berkarya

Bismillah

jika kita masih bingung cita-cita apa yang akan saya raih pada masa depan nanti, ini ada beberapa profil-profil para pemuda yang telah menemukan kesuksesan dari kerja kerasnya di dunia maya atau tekhnik informatika, bisnis ini berpeluang besar pada saat ini dizaman era informasi digital sedang bergelora, dan mudah-mudahan kisah-kisah mereka bisa memotivasi kita khususnya siswa-siswi yang belum memiliki cita-cita untuk terpancing memiliki suatu karya yang briliant yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain

15 Pemuda Kaya dan Berkarya di Dunia Maya

  • Jerry Yang dan David Filo

Siapa yang tak tau search engine handal bernama Yahoo! Nah, kedua orang muda inilah yang membuatnya. Yahoo! dibuat pada tahun 1995. Ketika itu usia Jerry Yang 26 tahun dan David Filo 28 tahun.Atas hasil gemilang Yahoo!, Microsoft menawarkan US$44.6 milyar untuk mengambil alih Yahoo Inc.

  • Larry Page dan Sergey Brin

Kedua pemuda inilah yang
membuat mesin pencari paling ampuh bernama Google. Google berhasil mereka buat pada tahun 1998. Pada waktu itu usia mereka baru 24 tahun. Perlu diketahui, kedua pemuda ini pada waktu itu membuat si Google cuma untuk menyalurkan hobi koding mereka,,akan tetapi ternyata hasilnya luar biasa. Google berhasil menjadi pesaing berat Yahoo! dan menjadi mesin pencari nomor satu di dunia maya. Larry Page dan Sergey Brin kemudian memulai membuat kantor pertamanya di dalam garasi. Tak cuma sampai disitu, mereka pun menjadi inspirasi pengguna internet dunia untuk berbisnis secara online, sehingga mereka berdua pun membuat perusahaan senilai satu multi milyar dollar!

Mark Zuckerberg

Wow! Pasti udah tidak asing lagi kalau disebutkan kata “Facebook”. Jejaring sosial terbesar kedua setelah MySpace (saat ini) ini dibuat oleh seorang alumni Harvard University, Mark Zuckerberg, pada usia 19 tahun (wow!). Facebook mulai diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004. Peluncuran Facebook pada awalnya hanya untuk media saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Namun dalam jangka waktu 4 bulan, Facebook sudah menjadi jaringan sosial di 30 kampus dan penggunanya terus bertambah. Dengan prestasi demikian, Mark Zuckerberg di usia 23 tahun telah menjadi milyader termuda dengan kerja kerasnya sendiri, dan memiliki kekayaan sebesar $1.5 milyar (berdasarkan salah satu sumber), kira-kira sama dengan kekayaan yang dimiliki Oprah Winfrey.
Pada pertengahan 2004, Friendster menawarkan 10 juta US Dollar untuk membeli Facebook. Sedangkan Viacom juga ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan Yahoo pun menawar seharga 1 milyar US Dollar. Namun semua tawaran itu ditolak oleh Zuckerberg. Wow!

Jonathan Abrams

Ini dia jaringan pertamanan yang populer sebelum kemunculan Facebook, si friendster. Friendster dibuat oleh Jonathan Abrams dan dikelola oleh perusahaan Friendster Inc. Friendster didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Jonathan yang merupakan lulusan Computer Science dari McMaster University sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Kemajuan Friendster berhasil mendatangkan dana sebesar US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis, Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment. Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia.

 

Pierre Omidyar

Inilah pendiri eBay, Pierre Omidyar. Omidyar mendirikan eBay pada usia 28 tahun sebagai website lelangan online sedunia. Idenya ini mendapat banyak respon dari pengguna internet sehingga membuat eBay menjadi platform dunia.

Steven Goh dan Mei Ling Ng

Buat yang suka chating di HP pasti kenal sama Mig33, komunitas mobile yang digandrungi oleh berjuta-juta pelanggan di seluruh dunia. Steven adalah Co-Founder dan CEO dari mig33, komunitas mobile Internet global yang membuka komunikasi instan kepada seluruh manusia di dunia dengan menggunakan ponsel dengan interface terintegrasi. Steven memulai karirnya pada usia 7 tahun dengan memprogram Fortran di Universitas Western Australia jurusan Matematika atas bantuan ayahnya yang mengajar disana. Sedangkan Mei Lin, dia mencari pemasaran, komunikasi dan pelayanan pelanggan untuk mig33. Sebagai co-founder dari mig33 di 2003, Mei Lin terlibat banyak dalam proses pengembangan produk. Mig33 menyajikan pelayan mobile (pelayanan internet yang populer seperti: messaging, chat, foto, profil, VoIP) yang melayani kebutuhan harian pelanggan (pilihan komunikasi pada ponsel). Dengan berkembangnya popularitas pelayanan internet tersebut ke dalam komunitas ponsel dengan berjuta-juta user sepanjang Asia, Afrika dan Eropa, tim pendiri mengamankan modal dan memindahkan perusahaan ke Amerika di th 2007, untuk memajukan bisnis lebih pesat lagi.

Joe Hewitt dan Blake Ross

Mungkin saat ini kita lagi memakai hasil karya mereka. Yup! Inilah penemu Mozilla Firefox. Mereka meluncurkan Mozilla tahun 2003 pada usia 19 tahun! (Wow lagi!). Mozilla semakin digemari karena kelebihannya dibandingkan dengan browser lain. Mozilla diakui lebih mudah dioperasikan dibandingkan kebanyakan aplikasi penjelajah web lainnya serta alasan kuat lainnya adalah lebih cepat memuat halaman website. Kabarnya kedua orang hebat ini memiliki kekayaan $120 Million atau sekitar Rp1,2 Trilyun.

Tom Andersen

Inilah pendiri My Space, jaringan sosial yang digunakan terluas di internet. Tom Andersen mendirikan My Space tahun 2004 pada usia 23 tahun.Tom Andersen memang tidak sekaya Mark Zuckerberg, namun hasil karyanya yang meluas tersebut patut untuk dihargai.

 

Matt Mullenweg

Ini dia pembuat WordPress, hasil karya terbesar di dunia blogging, yang kini dipakai oleh jutaan pengguna di dunia maya. Matt Mullenweg meluncurkan WordPress pada tahun 2005 di usia 19 tahun (Wow lagi ah!). WordPress kini diakui semakin mudah dipakai dan selalu diperbaharui dan terus meningkat. Penggunanya pun semakin bertambah. Berdasarkan satu sumber, kekayaan Matt Mullenweg mencapai $70 Million atau sekitar Rp700 Milyar.

Steve Chen dan Chad Hurley

Ini dia penemu si pedang bermata dua (menurut penulis), yaitu You Tube. Steve dan Chad mendirikan You Tube tahun 2005 pada usia Chad 28 tahun dan Steve 27 tahun. Sekarang You Tube diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar. Sehingga pencarian video menjadi lebih mudah dan praktis. (Roihanatuljannah_http://klikyuuk.blogspot.com)

jadi siapkah kita untuk meniru kakak-kakak kita yang telah berhasil menyumbangkan kerja kerasnya untuk peradaban ini?

 

sumber :

http://klikyuuk.blogspot.com/2010/04/11-pemuda-kaya-dan-berkarya-di-dunia.html#comment-form

Posted on 19 Desember 2010, in Biography, Tekhnologi Informatika and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. kereeeeeeeeeeennnnnn abizzzzzzz…… waoooowwwwww kapan pemuda indonesia bisa kayak merekaaaaaaaaaaaa……………..penuh semangatttttttttttttttt

    • sekarang juga bisa, asal kerja keras dan terus belajar seperti yang dilakukan oleh mereka…
      terima kasih komentarnya, menunjukan penuh dengan semangat yang luar biasa untuk memajukan indonesia…
      semangat Juga!!!

  2. Makasih untuk kisah inspiratif dari luar negeri. Nah, sekarang yuk tengok kisah inspirasi sukses dari rekan-rekan kita di Indonesia. Main aja ke http://bisatv.com/jurnal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: