Sejarah Google

logo google

Siapa tak kenal dengan Google, ketika kita ingin mengetahui suatu informasi yang ada di internet, pasti kita akan mencari informasi tersebut melalui google, mesin pencari untuk membantu kita memudahkan mencari informasi yang kita butuhkan.

lalu apa sih google itu, bagaimana sejarahnya? kita tanyakan juga hal tersebut kepada Mbah Google, dukun terkenal yang segala tahu😀, atau orang-orang sering menyebut dengan University of Google, alias Universitas Google karena peranan Google sebagai universitas terbuka yang membantu menyediakan berbagai macam informasi.

Mudah-mudahan kita bisa terinspirasi dari tulisan ini dan kita bisa menemukan sesuatu yang bermanfaat seperti Google ini pada masa yang akan datang.

Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008)[6][7] Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don’t be evil”, dan “Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai. (keren ya slogannya, mungkin karena dasar inilah sehingga Google menjadi tumbuh besar karena penuh dengan situasi yang menyenangkan, ed.)

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998.Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. (Wikipedia-Google)

Sejarah Google

google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada januari 1996 oleh larry page dan sergey brin, dua mahasiswa ph. D. Di universitas stanford, california.

Pendiri Goole dan Garasi Lahirnya Google

Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “backrub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs. Sebuah mesin pencari kecil bernama rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, page dan brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka. Aslinya, mesin pencari tersebut menggunakan website universitas stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 september 1997, dan perusahaan ini berdiri dengan nama google inc. Tanggal 7 september 1998 pada sebuah garasi rumah di menlo park, california. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari andy bechtolsheim, salah seorang pendiri sun microsystems.

Bulan maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke palo alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di silicon valley.

Kantor Google di Palo Alto

Setelah tumbuh melampaui dua situs lainnya, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 ampitheatre parkway, mountain view dari silicon graphics (sgi) pada tahun 2003.

Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, google membeli properti dari sgi sebesar $319 juta. Mesin pencari google menarik perhatian jumlah pengguna internet yang terus meningkat, yang menyukai desain sederhana dan penggunaannya. Pada tahun 2000, google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan tersebut hanya berupa teks polos untuk menjaga sebuah desain halaman yang teratur dan untuk meningkatkan kecepatan pemunculan halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada 5 sen (us$) per klik. Model penjualan iklan kata kunci dirintis oleh goto.com (akhirnya mengubah nama menjadi overture services, sebelum diambil alih oleh yahoo! Dan diganti merek menjadi yahoo! Search marketing). Sementara berbagai pesaing dot-comnya gagal dalam pasaran internet baru, google memperkuat pengaruhnya untuk meningkatkan pendapatan.

Nama “google” berasal dari ucapan “googol” yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata “google”, dimasukkan dalam merriam webster collegiate dictionary dan oxford english dictionary pada 2006, yang berarti “menggunakan mesin pencari google untuk memperoleh informasi di internet.”

sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian google (page rank) disetujui pada 4 september 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh universitas stanford dan memasukkan nama lawrence page sebagai sang pencipta.

Pendanaan pertama untuk google sebagai sebuah perusahaan dikunci dalam bentuk kontribusi sebesar usd100.000 dari andy bechtolsheim, pendiri sun microsystems, diberi kepada sebuah perusahaan yang belum berdiri. Sekitar enam bulan kemudian, sebuah putaran dana lebih besar diumumkan, dengan investor besar yang menjadi firma pesaing kleiner perkins caufield & byers dan sequoia capital.

Penawaran umum perdana google dilaksanakan pada tanggal 19 agustus 2004. 19.605.052 saham ditawar dengan harga $98 per lembar. Dari itu, 14.142.135 (rujukan matematika lainnya sebagai v2 ˜ 1,4142135) dilayangkan oleh google dan 5.462.917 oleh pemegang saham yang menjual. Penjualan tersebut meningkat $1,67 milyar, dan memberi google kapitalisasi pasar lebih dari $23 milyar. Kebanyakan dari 271 juta lembar saham google dikontrol oleh google sendiri. Banyak karyawan google menjadi milyuner mendadak. Yahoo!, sebuah kompetitor google, juga mendapat untung dari ipo tersebut karena perusahaan tersebut mendapat 8,4 juta lembar saham google pada 9 agustus 2004, sepuluh hari sebelum ipo (penawaran umum perdana).

Kemunculan saham ipo google sangat baik, dengan gelombang harga hingga $500 pada 2007, karena penjualan dan perolehan yang kuat di pasaran periklanan, juga munculnya fitur baru seperti google desktop dan homepage pribadi. Gelombang harga saham disediakan terutama oleh investor pribadi, berbeda dari investor institusi besar dan reksadana.

Perusahaan ini terdaftar di bursa saham nasdaq dibawah simbol ticker goog.

Sementara pasaran utama perusahaan ini berada pada persaingan kandungan web, google telah memulai percobaan dengan pasaran lainnya seperti radio dan penerbitan. Pada tanggal 17 januari 2006, google mengumumkan bahwa mereka telah mengambil alih perusahaan periklanan radio dmarc, yang menyediakan sebuah sistem otomatis yang membolehkan suatu perusahaan beriklan di radio. Dengan ini, google dapat menggabungkan dua media periklanan niche—internet dan radio—dengan kemampuan google untuk berfokus pada kepuasan konsumen. Google juga telah memulai sebuah percobaan dalam penjualan iklan dari pengiklannya di terbitan majalah dan suratkabar, dengan iklan pilihan di chicago sun-times. Mereka telah memenuhi ruang kosong di suratkabar tersebut yang telah digunakan untuk iklan rumahan.

Google dimasukkan dalam indeks s&p 500 tanggal 30 maret 2006. Google menggantikan burlington resources, sebuah produsen minyak besar yang berbasis di houston yang diambil alih oleh conocophillips.

Tanggal 2004, google membentuk sebuah sayap filantropis nirlaba, google.org, memberikan dana awal sebesar $1 milyar. Misi organisasi tersebut adalah untuk membantu dengan masalah seperti perubahan iklim (lihat juga pemanasan global), kesehatan global, dan kemiskinan global. Proyek pertamanya adalah membuat sebuah kendaraan elektrik plug-in hibrida yang dapat mencapai 100 mpg. Direktur organisasi ini adalah dr. Larry brilliant.

Sejak 2001, google telah mengambil alih beberapa perusahaan muda kecil, kebanyakan pada bidang tim dan barang-barang inovatif. Perusahaan yang pertama kali dibeli google adalah pyra labs. Mereka merupakan pembuat blogger, sebuah platform weblog, pertama diluncurkan pada 1999. Pengambilan alih ini menyebabkan berbagai fitur utama menjadi gratis. Pyra labs dibentuk oleh evan williams, sejak ia meninggalkan google tahun 2004. Awal 2006, google mengambil alih upstartle, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk prosesor kata online, writely. Teknologi dalam produk ini digunakan oleh google untuk membuat google docs & spreadsheets.

Bulan februari 2006, perusahaan perangkat lunak adaptive path menjual measure map, sebuah aplikasi statistik weblog, kepada google. Registrasi untuk beroperasi tidak diizinkan untuk sementara. Pembaruan terakhir mengenai masa depan measure map dijalankan tanggal 6 april 2006 dan mengeluarkan berbagai masalah layanan ini.

Pada tahun 2006, google membeli situs video online youtube senilai $1,65 milyar. Tidak lama, pada 31 oktober 2006, google mengumumkan bahwa mereka juga telah mengambil alih jotspot, sebuah pembuat teknologi wiki untuk situs web sejenis.

Kita cek juga suasana kantor Google yang katanya menyenangkan itu

gambar di atas adalah ruang loby nya GOogle.inc, keren kan? kesan pertama begitu menggoda hehe

Bekerja dalam tim kecil, inovatif dan harmoni itulah yang membuat Google menjadi salah satu pe
rusahaan IT terbesar di dunia. Google yang dibabtis sebagai perusahaan yang paling diimpikan rata – rata pekerja di Amerika ini memberikan segudang benefit kepada pekerjanya.Dimulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan mata, jaminan dana pensiun, dan tabungan pendidikan untuk anak. Dan melebihi semua itu, Google membayar biaya pendidikan anda dengan Grade minimal B, Referal Bonus yang diberikan kepada anda yang berhasil memberikan rekomendasi pekerja baru minimal 60 hari bekerja di Google, dan tentunya anda tidak perlu khawatir dengan cucian anda karena di Google telah dilengkapi laundry, salon dan food court gratis untuk anda.  (http://udaridwan.blogspot.com/2010/07/selamat-datang-di-kantor-google.html)

Salah satu meja karyawan google. kayaknya segala di bawa dari rumahnya hehe

keren-keren kan…untuk gambar selanjutnya cari saja di GOOGLE hehe

Posted on 19 Desember 2010, in Tekhnologi Informatika and tagged . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. hmm..Google sepertinya punya selera bagus buat membangun “kebetahan” para karyawannya. aku suka bagian yang “Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”. Desain ruang kerjanya juga menyenangkan.

    oiya, sepertinya ada yang kurang. di sebagian tulisan di atas, ada yang merujuk ke semacam catatan kaki, tapi ternyata gak ada catatan kakinya sama sekali. memang harusnya posting itu mencantumkan sumbernya agar orang lain bisa mengecek kebenarannya. oke!

  2. Thanks ..Nice info…I like this post very much!
    dont forget to visit my page

  3. Thanks bro..Nice info…I like this post very much!
    dont forget to visit my page

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: