Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tulang adalah bagian yang penting di dalam tubuh manusia, tanpa adanya tulang yang kokoh,  manusia tidaklah mungkin bisa beraktivitas dengan leluasa dan lancar dan berdiri tegak dengan baik, sebagaimana orang-orang yang memiliki kelumpuhan pada tulang mereka.

selain tulang didalam tubuh kita terdapat tulang yang sering membantu kita dalam memproses makanan kita yaitu gigi. kadang-kadang kita kurang mensyukuri anugrah terbesar ini, sehingga kita kadang-kadang tidak menjaganya, sampai-sampai Nabi Muhammad saw berpesan “jikalau tidak memberatkan umatku maka akan aku wajibkan siwak (menyikat gigi) sebelum sholat” hal ini menegaskan bahwa islam mengajarkan manusia untuk sering bersyukur dan menjaga apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

kita baru akan merasakan nikmat gigi yang telah diberikan Allah jika nikmat tersebut telah hilang dari diri kita, sehingga kita baru menyesal bila gigi dan tulang kita telah rusak, apabila kita tidak bisa lagi mengunyah makanan dengan baik, kita tidak bisa lagi tertawa dengan lepas karena malu kehilangan gigi-gigi kita, dan kita tidak bisa lagi beraktivitas dengan baik bila tulang kita telah kehilangan kekuatannya, oleh sebab itu marilah kita simak cara agar tulang dan gigi kita bisa bekerja dengan baik sepanjang hidup kita, agar hidup kita senantiasa mendapatkan kebahagiaan di dunia ini dan agar kita bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya agar kita bahagia di akhirat nanti.

Menurut para ahli tulang, tulang yang jarang dipake berdampak besar terkena osteoporosis. Ini hal nyata, osteoporosis biasanya menyerang pada usia lanjut. Pada usia lanjut ini banyak orang jarang melakukan kegiatan, mereka berpikir bahwa dia sudah mengalami fase penurunan sehingga kurang begitu menyukai kegiatan yang memerlukan tenaga banyak. Masalah ini dapat berdampak pada kesehatan tulang, sesehat apapun orang tersebut jikalau memang jarang melakukan kegiatan yang mengikutsertakan tulang sebagai penopang dapat mempercepat kerusakan tulang.

Berikut tips dan kiat untuk merawat tulang :

  • Lakukan senam kecil sebagai peregangan tulang – tulang, seperti melakukan gerakan letter I, dan letter S.
  • Lakukan gerakan kecil seperti memutar – mutar semua sendi – sendi pada tulang secara bergantian selama 1 menit.
  • Banyaklah berjalan kaki, dengan berjalan kaki anda sudah menggerakkan kedua kaki dan kedua tangan secara otomatis.
11 Makanan yang membantu penyerpan kalsium dan pertumbuhan tulang
Dan untuk Menjaga terjadinya kerapuhan tulang, terdapat makanan-makanan yang mencegah kerapuhan tulang dan gigi tersebut
Kalsium dan vitamin D adalah fondasi penting untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dari asupan makanan berikut ini:
1. Yogurt

Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu, seperti yoghurt juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

2. Susu

Delapan ons susu bebas lemak akan menghasilkan 90 kalori. Pilihlah produk susu tanpa lemak yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda. Seandainya tidak gemar susu murni, bisa juga digantikan produk olahan seperti smothies atau jus buah yang dicampur dengan susu.

3. Keju

Hanya karena keju penuh kalsium tidak berarti Anda perlu makan keju berlebihan. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium. Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D namun tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Ikan sarden

Ikan sarden ini biasanya dikemas dalam kaleng. Ia memiliki pemenuhan kalsium dan Vitamin D yang cukup tinggi. Rasanya pun gurih bisa ditambahkan di pasta dan salad.

5. Telur

Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D harian Anda. Jangan memilih hanya bagian putih atau kuning saja karena akan mengurangi kalori. Vitamin D justru terdapat dalam bagian kuning telurnya.

6. Ikan salmon

Salmon dikenal karena banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sepotong salmon dengan berat 3 ons sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin D Anda

7. Bayam

Tidak suka susu? Bayam akan jadi cara favorit Anda untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam diperkaya serat, besi, dan vitamin A.
8. Sereal

Sereal mengandung 25% vitamin D. Ini adalah cara termudah daripada memasak ikan salmon atau mesti berjemur.

9. Ikan tongkol

Tuna atau lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin sinar matahari.

10. Sawi hijau

Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi yang dimasak mengandung 25% kalsium untuk kebutuhan harian Anda. Sawi ini mudah diselipkan dalam makanan Anda.

11. Jus jeruk

Segelas jus jeruk segar yang diperas tidak memiliki kalsium atau vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dengan penyerapan kalsium, sehingga Anda akan lebih mungkin mendapatkan manfaat dari minuman ini.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7380048

Posted on 11 Maret 2011, in artikel, Dokter and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: